Indonesia

Senin, 23 Januari 2012

Ide Usaha

        Ide usaha yang akan saya tuangkan ke dalam tulisan ini mungkin memeang sudah banyak beredar di banyak tempt, Ide saya adalah membuat sebuah temapat makan atau bisa disebut restoran. Namun, dalam membanggun usaha ini saya telah menyiapkan beberapa ide khusus didalamnya, ide khusus itu seperti membuat menu makanan yang benar-benar bervariasi dan menciptakan rasa yang khas. Selain itu, saya juga berencana akan merancang bangunan itu sendiri dengan arsitektur yang sangat unik dan juga khas. Seperti apa arsitektur tersebut? baiklah , saya akan menjelaskan.
          Jadi, bangunan yang akan saya rancang akan bernuansa desa dan juga nuansa minimalis. Disini saya memang akan membuat 2 buah aritektur salam satu tempat, penasaran kan? jadi yang saya maksud bangunan bernuansa desa yaitu lebih memperdalam unsur nature yang ada seperti di desa-desa, sedangkan bangunan dengan tipe minimalisnya, yaitu lebih ke unsur-unsur modern dengan memanfaatkan luas tanah dengan semaksimal mungkin. Ada kemungkinan, pada kedua bangunan yang berbeda tersebuat akan dirancang dengan 2 sampai 3 lantai, dan juga disediakan tempat parkir motor dan mobil dengan tempat yang cukup luas serta memadai.
           Untuk mewujudkan ide saya ini mungkin memang tidak mudah, butuh dana yang cukup besar. Namun saya mempunyai prinsip "Usaha yang disertai modal besar juga akan menghasilkan keuntungan yang juga besar" tapi tetep prinsip ini harus disetai dengan doa dan keyakinan yang kuat. Untuk masuk kedalam yahap berikutnya, selayaknya orangorang yang sudah sukses dan profesional dibidangnya, kita juga harus pintar dan tepat dalam memilih target market, price, produk, dan place atau tempat. Saya akan menjaarkan hal-hal tersebut :
  • Target Market
        Yang dimaksud dengan target market adalah kepada siapa kita menjual produk yang sudah kita ciptakan. Jika sesuai dengan ide saya diatas ini, maka target yang utama adalah lebih kepada orang-orang yang memiliki citarasa yang tinggi dan juga orang-oarng yang ingin mendapatkan suasana tenang sebagai tempat untuk makan dan santai. biasanya target ini ditujukan kepada orang dikalanagan anak kuliahan sampai dengan orang-orang eksekutif. Tapi tidak menuup kemungkinan juga untuk kalangan lain yang juga ingin menikmati citarasa dan juga suasana damai di restoran ini.
  • Produk
             Produk yang sesuai dengan ide saya ini antara lain makanan khas yang mempunyai rasa yang unik dan lezat untuk disantap. Selain itu juga minuman yang dapat juga sebagai dijadikan produk unggulan. Untuk selebihnya mungkin variasi dari makanan dan minuman yang sudah ada. Untuk lebih meluas, mungkin ada baiknya jika restoran ini juga membuat makanan kecil seperti bakery and cake.
  • Price
           Untuk masalah harga, kita tidak perlu mengambil keuntungan yang terlalu berlebihan. Mengapa? karena jika kita meraup keuntungan yang terlalu besar, dikhawatirkan ini dapat menjadi faktor berkurangnya konsumen. Ada baiknya jika kita mengambil keuntungan yang sewajarnya saja, jika perlu kita adakan promosi di awal pembukaan restoran dan juga potongan harga disetiap perayaan hari besar seperti tahun baru. Untuk lebih spesifiknya harga yang akan ditawarkan untuk minuman berkisar antara lima ribu rupiah sampai dengan lima puluh ribu rupiah. Sedangkan untuk makanan lebih bervariatif, antara sepuluh ribu rupiah sampai dengan seratus dua puluh ribu rupiah.
  • Place (tempat)
           Jika mempunyai ide usaha, maka kita juga harus mempunyai pemikiran dengan masalah tempat. Faktor tempat ini akan menjadi bagian yang paling dominan yang mempengaruhi banyak sedikitnya pengunjung. Biasanya pelangang akan menyukai tempat yang strategis. Pilihlah tempat yang berada di pinggir jalan, ini untuk memudahkan akses keluar masuk pelanggan, selain itu kita juga harus menyediakan tempat yang luas untuk parkir dan lobi, ini demi kenyamanan pelanggan. Jika memang bisa, ada baiknya memilih tempat di Jakarta, baik di pusat, timur, ataupun selatan. Ide saya ini bukan ide yang membuat restoran dengan lahan yang berada di mal-mal. Karena jika kita membuat usaha seperti di mal, akan banyak pengurangan pendapatan sepeerti pajak, dll.

Sekian ide yang saya tuangkan kedalam tugas softskill dari Universitas Gunadarma, saya berharap suatu saat saya benar-benar dapat mewujudkan ide saya yang juga menjadi cita-cita saya ini. Amin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar